KRAKATAU STEEL PASOK WIRE ROD OTOMOTIF

Cinque Terre

KRAKATAU STEEL PASOK WIRE ROD OTOMOTIF

PT Krakatau Steel Tbk menggandeng Sango Corporation untuk mengembangkan produk baja bernilai tambah tinggi untuk memenuhi industri otomotif.

PT Krakatau Steel Tbk menggandeng Sango Corporation untuk mengembangkan produk baja bernilai tambah tinggi untuk memenuhi industri otomotif. Sango dari Jepang sepakat menginvestasikan dana di sektor ini hingga mencapai US$ 95 juta. Guna merealisasikan kesepakatan ini, tahap awal Krakatau Steel  akan memproduksi batang kawat atau wire rod sesuai spesifikasi yang dibutuhkan oleh Sango. Perusahaan itu saat ini memasok komponen otomotif global. Produk wirw rod yang dihasilkan oleh Krakatau Steel kembali diproses menjadi automotive steel wire rod oleh Sango Corporation. Dari sinilah komponen-komponen otomotif seperti, baut dan setang dihasilkan. Mas Wigrantoro Roes Setiad, Direktur Utama Kraktau Steel mengatakan, saat ini billet, bahan baku pembuatan wire rod , masih didatangkan dari impor. Namun sambil berjalan, kami juga akan berinvestasi di dalam negeri sesuai standar yang ada, serta memproduksi billet sendiri," kata Wigrantoro, Jum'at (15/12).

Pasca penandatangan kesepakatan ini, diperkirakan kuartal 1-2018 produksi wire rod Krakatau Steel sudah mulai berjalan. Agar mesin-mesin wire rod yang dimiliki Krakatau Steel memenuhi standar emiten berkode saham KRAS di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini akan menginvestasikan dana tidak lebih dari senilai US$ 10 juta. Kapasitas produksi Krakatau Steel untuk menghasilkan wire rod  khusus yang dipasok ke industri ke industri otomotif ini mencapai sekitar 40.000 ton per tahun. Wigrantoro berharap , dengan produksi wire rod yang dihasilkan oleh Krakatau Steel ini, ketergantungan terhadap impor wire rod menjadi berkurang. Wigrantoro menambahkan kapasitas produksi wire rod berpotensi bisa ditingkatkan sesuai dengan permintaan otomotif di dalam negeri. Sebagai gambaran, rata-rata kebutuhan wire rod untuk industri otomotif domestik mencapai 150.000 ton per tahun. Dengan demikian investasi sebesar US$ 95 juta akan menggantikan 40.000 ton wire rod dan itu bisa menghemat devisa hingga US$ 24 juta per tahun, kata Airlangga Hartato, Menteri Perindustrian. (KONTAN, Sabtu, 16 Desember 2017) Sal-Sekretariat IISIA.

© 2016 The Indonesian Iron & Steel Association | All rights reserved